18 July 2014

Perlekatan (latch on)

karena begitu pentingnya IMD dalam kesuksesan pemberian ASI Eksklusif, Dinas Kesehatan DKI mengeluarkan keputusan tentang Pemberian ASI Secara Dini (IMD) Bagi Ibu melahirkan :) silahkan klik di sini untuk membaca sekalian download :)

di post sebelumnya telah saya sebutkan pengertian dan sekilas manfaat dari IMD. di post ini saya pengen share hal-hal yang lebih teknis dan gimana sebenarnya menyusu bayi yang benar. pengetahuan ini saya dapatkan dari kelas prenatal AIMI, jadi saya sarankan para Ibu dan calon Ibu juga mengikuti kelas in :)

oke, untuk menyusui tentunya para Ibu membutuhkan PD (payudara). PD tiap ibu dengan Ibu lain tentu berbeda. perbedaan ini bisa membuat cara menyusui juga berbeda. tip dan triknya bisa langsung konsul di kelas prenatal yaa berhubung saya kemaren nda bertanya ke pemateri. 

bentuk puting 
cara menyusui

cara menyusui dengan posisi tidur sebaiknya menggunakan bantal, karena dikhawatirkan bisa terjadi risiko infeksi telinga. orang dewasa saja, kalau lagi sakit, sewaktu diberi minum diusahakan kepalanya diangkat sedikit, kan bun? :) same goes to our baby..

dan karena susu-menyusui adalah kerja sama antara Ibu dan bayi, Ibu pun perlu tahu apakah cara bayi Ibu menyusu sudah benar atau belum. hihii iya ada caranya :) Ibu dan bayi pun sama-sama belajar. waktu Khalfa menyusu pertama kali -setelah proses IMD- kami butuh waktu untuk penyesuaian juga. but trust me, baby is a great learner. mereka punya insting juga untuk ikut belajar -sama Ibunya- menyusu.

latch on
istilah baru : latch on atau perlekatan. latch on sempurna terjadi ketika bayi menyedot semua areola (bagian gelap di payudara) sehingga tidak menyebabkan suara yang kurang lebih seperti "ck ck ck" yang berarti ada udara yang masuk ke dalam mulut bayi. bibir bagian bawah pun terlipat ke arah dagu. ketika bayi menyusu, mereka memang menyedot PD, bukan hanya menghisap seperti saat kita minum lewat sedotan. cara kerja bayi menyusu seperti gambar di bawah :

perfect latch on
see? puting itu ternyata elastis, bunda. bisa memanjang sampai sejauh itu, tuh (yang warna ungu, gambar sebelah kanan). subhanallah, ya =] kalau Ibu dan bayi bisa terus mempraktekkan latch on sempurna ini, sampai giginya tumbuh pun, insya Allah tidak ada hambatan berarti dalam menyusui, karena pada dasarnya bayi tidak bisa menggigit dalam keadaan latch on sempurna. haha! isnt it soothing? IT IS!

No comments:

Post a Comment